ASTERIX AND THE CLASS ACT

ASTERIX AND THE CLASS ACT (Goscinny & Uderzo, Orion, 2003, ISBN 0752866400)

Buku yang diterbitkan dalam bahasa Inggris ini sebelumnya diterbitkan dalam bahasa Perancis tahun 1993. Hingga kini belum diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Walaupun terbit dalam format buku tahun 1993, hampir semua cerita Asterix disini sudah pernah terbit sebelumnya dalam berbagai kesempatan. ASTERIX AND THE CLASS ACT merupakan kompilasi 14 komik strip Asterix sejak tahun 1962 hingga komik strip yang khusus dibuat Uderzo dalam rangka kompilasi ini.

Halaman pertama berisi rangkaian kegiatan Vitalstatistix, sang kepala desa, saat konferensi pers dalam rangka penerbitan Asterix and the Class Act ini. Hanya satu halaman, dan Vitalstatistix menjawab berbagai pertanyaan hadirin selayaknya seorang bintang.

Episode pertama, Asterix and the Class Act, sebanyak dua halaman pertama kali terbit di majalah berbahasa Perancis, Pilote #363, tgl 6 Okt 1966. Goscinny menulis kisah ini bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru sekolah. Ceritanya sendiri memang berkisar usaha Panoramix, Asterix dan Obelix mengumpulkan seluruh anak-anak di desa agar mengikuti kelas di hari pertama.

Episode kedua, The Birth of Asterix: In the Year 35 B.C (Before Caesar) sepanjang 4 halaman bercerita tentang kehidupan desa Galia ini sebelum Asterix dan Obelix lahir. Rupanya para orangtua saat itu juga gemar berkelahi sebagaimana generasi Asterix dan Obelix. Disini kita bisa melihat kedua ayah Asterix dan Obelix. Cerita dan gambar dikerjakan oleh Uderzo tahun 1994 dan terbit dalam edisi khusus, Le Journal exceptional d’Asterix.

Episode ketiga, In 50 BC, diterbitkan pertama kali tahun 1977 saat Georges Dargaud (penerbit Pilote) ingin menjajal pasar Amerika Serikat. Komik sepanjang 3 halaman ini diterbitkan dalam majalah National Geographic, May 1977 saat mereka melakukan liputan bangsa Galia. Uderzo menceritakan kekecewaanya saat itu penerbit di AS menginginkan format ukuran disesuaikan dengan standar komik AS.

Episode keempat, Chanticleerix, dibuat Uderzo seorang Agustus 2003 sepanjang 5 halaman. Bercerita tentang perjuangan sang ayam jantan desa Galia saat bertarung dengan burung elang (simbol Imperium Romawi).

Episode kelima, For Gaul Lang Syne, dibuat Goscinny dan Uderzo bulan Desember 1967 di majalah Pilote #424. Dikisahkan Obelix masih penasaran dengan Panacea, gadis idamannya. Komik hanya sepanjang 2 halaman.

Episode keenam, Mini Midi Maxi, ditulis Goscinny & Uderzo Agustus 1971 dan dimuat di majalah Elle sepanjang 2 halaman. Cerita memang dikhususkan bagi kaum wanita. Para tokoh utama dalam cerita ini adalah para wanita dalam komik Asterix.

Episode ketujuh, Asterix As You Have Never Seen Him Before, dibuat Goscinny & Uderxo Des 1969 pada majalah Pilote #527. Disini mereka berdua mencoba berbagai versi baru dari Asterix berdasarkan input pembaca, kritikus atau teman dekat mereka. Semacam reinterpretasi. Sepanjang 3 halaman.
Episode kedelapan, The Lutetia Olympics, dibuat khusus oleh Uderzo Oktober 1986 dalam rangka promosi Perancis sebagai calon tuan rumah Olimpiade 1992. Wah episode ini kocak banget! Empat halaman

Episode kesembilan, Sprintime in Gaul, bercerita tentang seorang peri yang jatuh ke dunia saat peralihan musim dingin menuju musim semi. Sepanjang 2 halaman, terbit di Pilote #334 bulan Maret 1966.

Episode Kesepuluh, The Mascot, ditulis Goscinny & Uderzo bulan Juni 1968 dan dimuat pada Super Pocket Pilote #1 (sebuah bentuk baru dari majalah Pilote). Sepanjang 4 halaman berfokus pada Idefix yang diculik tentara Romawi.

Episode kesebelas, Latinomania, ditulis Goscinny & Uderzo Maret 1973 sepanjang 1 halaman saja. Bercerita tentang kritik kepada bangsa Perancis yang mulai banyak memasukan unsur bahasa Inggris dan Latin kedalam bahasa Perancis.

Episode keduabelas, The Obelix Family Tree, dibuat oleh keduanya tahun 1963 pada majalah Pilote #172-186. Diceritakan dengan setting hari ini, Uderzo & Goscinny bertemu dengan anak keturunan Obelix yang karakter dan kebiasaannya sama persis dengan leluhurnya.

Episode ketigabelas, How Do They Think It All Up?, terbit Agustus 1993 lebih tepat disebut ringkasan perjalanan karir dan persahabatan kedua pengarang. Hanya ada 3 panel disini, dengan teks yang penuh.

Episode keempatbelas, The Birth of An Idea, dibuat keduanya Oktober 1962 dan terbit di Pilote #157. Hanya satu halaman bercerita tentang proses kreativitas lahirnya Asterix.

Bagi mereka pecinta Asterix, sudah barang tentu buku komik Asterix ini wajib punya. Ngga perlu dijelaskan lagi mengapa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SEJARAH PERANG DUNIA II MELALUI KOMIK

GINA: KETIKA KOMIKUS TURUN GUNUNG

USAI BAHARATAYUDHA