KIDS FILM FESTIVAL 2010


Akhirnya kesampaian juga mengajak kedua putri saya menonton film-film yang ditayangkan di Kids Film Festival (Kidsffest) 2010. Acara tahunan (memasuki tahun ke-dua) ini diselenggarakan oleh Kalyana Shira Foundation dan Pacific Place Mall bertempat di bioskop Blitz Megaplex Pacific Place, Jakarta. Lumayan lama acara ini berlangsung, selama 6 hari di dua akhir pekan (16, 17, 18, 23, 24, 25 April 2010).


Tahun 2009 saya tak sempat mengajak anak-anak menonton, karena jadwalnya bersamaan dengan ujian akhir sekolah (atau ujian seleksi SMP, saya lupa). Jadwal yang tidak cocok ini termasuk yang saya keluhkan kepada seorang sahabat yang juga pemrakarsa Kidsffest, Vivian Idris. Alhamdulillah tahun 2010 jadwalnya cocok, dan kini giliran saya memenuhi janji. Lha iya...sudah protes tentang jadwal...masak setelah permintaannya dikabulkan saya tidak membalas kebaikan.....


Alhasil saya sekeluarga sudah nonton dua film, Sniff The Dog In Wartime (Belanda) dan Azemichi Road (Jepang). Film pertama ber-setting Perang Dunia II 1943 di kota kecil di Belanda, dan film kedua ber-setting masa kini di sebuah kota kecil di Jepang. Beruntung kedua putri saya menyukai kedua film ini, meski putri pertama lebih menyukai film Sniff dan putri kedua lebih menyukai film Azemichi Road. Masing-masing dengan alasannya sendiri tentunya.
Ada banyak alasan mengapa saya mengajak anak-anak menonton Kidsffest. Selain hiburan, tentunya memperkenalkan bahwa film yang bagus itu tidak hanya film mainstream produksi Hollywood Amerika. Negara lain juga punya, dengan gaya mereka sendiri dan tema beragam, termasuk Indonesia.


Sudah banyak ‘korban’ film kiblat Hollywood yang melanda teman-teman sebaya saya. Bukannya anti film Hollywood, karena saya juga penggemar berat. Namun ada berbagai hikmah dari menonton banyak film yang bervariatif, dari berbagai negaTambah Gambarra. Mulai dari tema, budaya, teknik penggarapan, cara bertutur cerita, dll. Kendala bahasa tentu saja menjadi penghalang, dan saya mengandalkan subtitles (teks terjemahan). Seandainya saja saya bisa berbahasa seluruh bahasa asing....


Kidsffest adalah salah satu kesempatan terbaik untuk memperkenalkan film asing bukan Hollywood kepada anak-anak kita. Tujuannya sederhana: agar wawasan anak-anak menjadi luas dan kaya. Menurut rencana akhir minggu ini (23-25 April 2010) kami akan pergi menonton lagi. The Crocodiles (Jerman) masuk dalam jadwal, karena sebelumnya kedua putri saya akan mengikuti workshop acting. Mereka sendiri yang ingin ikut, meski saya yang memberitahukan bahwa ‘tante’ Vivian mengundang mereka ikut. Kita lihat saja hasilnya nanti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR SEJARAH PERANG DUNIA II MELALUI KOMIK

GINA: KETIKA KOMIKUS TURUN GUNUNG

USAI BAHARATAYUDHA